Tips Membuat Kue Kering

Welcome December! 🙂

Tidak terasa kita sudah mulai memasuki bulan terakhir di tahun 2014 ini. Dan ini berarti Hari Natal sebentar lagi tiba. Saya sendiri merasa sangat senang jika bulan Desember, karena saya sudah mulai merasakan Christmas Atmosphere alias suasana Natal (sayangnya di Indonesia nggak ada salju). Natal sudah dekat, pastinya umat Kristiani sudah mulai mempersiapkan semuanya, mulai dari memasang pohon natal di rumah, membeli pakaian atau sepatu baru dkk, termasuk persiapan kue untuk tamu dan keluarga yang akan datang, dan masih banyak hal lagi. Sedangkan saya sendiri masih harus persiapan UTS di kampus (hiks hiks). ;(

Kalau kalian berniat untuk membuat kue sendiri, sekarang saya akan berbagi tips dalam membuat kue kering (seperti nastar, kaastengels, dan butter cookies). Hal-hal berikut ini biasanya dianggap sepele dan kurang diperhatikan saat membuat kue kering, tetapi sebenarnya cukup berpengaruh dengan keberhasilan kue yang kalian buat.

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa bahan, pastikan semua bahan yang digunakan harus segar.
  2. Tepung terigu yang digunakan sebaiknya berprotein rendah dan harus benar-benar kering. Sebelum digunakan harus diayak.
  3. Telur yang digunakan harus yang baru. Jika sebelumnya disimpan di dalam kulkas, telur harus dikeluarkan dan dibiarkan hingga mencapai suhu ruangan.
  4. Adonan sebaiknya dikocok tidak terlalu lama, karena akan melebar ketika dipanggang.
  5. Tepung terigu sebaiknya dimasukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit dan diaduk menggunakan sendok kayu (tidak menggunakan tangan) agar kue yang dihasilkan renyah dan tidak keras.
  6. Jika adonan terlalu lembek, masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.
  7. Adonan kue dicetak dengan ketebalan yang sama agar matangnya merata.
  8. Jika kue sudah berwarna kekuningan dan bagian tepinya kering, segera dikeluarkan dari oven dan biarkan di atas loyang (jangan langsung diangkat) hingga kue dingin.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s