Fakta Tentang Mimpi Dalam Film Inception

Inception

A dream within a dream.

inception level

Bagi yang sudah pernah menonton Inception pasti mengerti apa maksud foto diatas.

Film ini termasuk salah satu film karya Christopher Nolan favorit saya, selain Memento (2000). Inception dirilis tahun 2010, tapi saya baru menontonnya tahun ini (2014) pada saat ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Karena filmnya yang begitu luar biasa brilliant, saya memutuskan untuk memasukkan film ini dalam daftar DVD koleksi saya. DVD originalnya cukup sulit dicari (yah maklum karena termasuk film yang sudah lama, rilis 4 tahun lalu), dan beruntungnya saya masih bisa menemukannya terpajang di toko kaset. Padahal saya bukan termasuk orang yang suka film bergenre ‘Science-Fiction’, saya lebih menggemari film horror. Namun film ini berhasil memukau saya dengan audio dan visual effectnya, serta alur ceritanya yang sangat jenius (membutuhkan konsentrasi dan intelektualitas tinggi).

Inception, merupakan sebuah film cerdas karya Christopher Nolan. Dibutuhkan konsentrasi ekstra untuk memahami setiap scene yang disuguhkan Sang Sutradara jenius. Inception memiliki plot bertingkat, memvisualisasikan setiap tingkatan mimpi seperti yang ada dalam fiksi ilmiah. Karya Christopher Nolan ini mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan karena kecerdasannya meracik plot, dan teknik sinematografi yang mengagumkan.

Selain cerita yang dibilang kritikus ‘Insanely Amazing!’ grafis dan teknik sinematografi yang ditampilkan Nolan sungguh memanjakan mata penonton untuk tidak beranjak dari tempat duduk. Apalagi pemilihan cast yang pas semakin mendukung plot cerita unik nan kreatif yang dihadirkan Nolan. Jadi untuk yang belum nonton tunggu apalagi? Grab your popcorn and watch this!

Really recommended to be watch and don’t forget to pay full attention. 🙂


THE FACT :

Beberapa hal yang benar-benar terjadi selama kita tidur/bermimpi seperti dalam film Inception yang dapat saya simpulkan, yaitu:

– Apa yang terjadi di luar tubuh kita saat tertidur terkadang mepengaruhi mimpi kita. Seperti di film, saat Cobb tidur tubuhnya dijatuhkan ke air dan di dalam mimpinya ada banjir yang melandanya. Biasanya saya juga demikian, saat ada alarm lagu berbunyi, dalam mimpi seolah terdengar suara lagu juga. Atau ada orang di sekitar yang berbicara sehingga pembicaraan tersebut terproyeksi dalam mimpi.

– Umumnya kita tidak tahu bagaimana awal mulanya mimpi terjadi, tetapi saat sadar tiba-tiba kita sudah berada di tengah mimpi.

– Waktu dalam mimpi terasa lebih lama. Ketika kalian sudah merasa bermimpi selama satu jam, padahal kalian baru tidur beberapa menit saja.

– Mimpi mempunyai level/tingkatan. Kalian bisa tertidur pulas di dalam mimpi dan mempunyai mimpi lagi di dalam mimpi.

– Ada 2 cara yang bisa membangunkanmu dari mimpi:

  1. Mati di dalam mimpi. Tidak perlu khawatir, biasanya ini akan membuatmu bangun ke satu level mimpi diatas.
  2. Dalam film disebut sebagai ‘The kick’, yaitu sensasi/perasaan terjatuh. Misalnya saat sedang berjalan di jembatan dan tiba-tiba kayu pijakan patah, kaki terjeblos dan seolah akan jatuh ke dalam sungai atau jurang. Seketika itu pula kita langsung kaget dan terbangun.

Selain pendapat pribadi saya di atas, saya juga menemukan fakta menarik tentang mimpi dalam film Inception yang saya terjemahkan dari www.huffingtonpost.com

  1. Apakah waktu diubah dalam mimpi kita?

Apakah waktu mempercepat di dalam mimpi sehingga 10 menit “luar” menjadi satu jam selama mimpi? Ya, tapi tidak seperti dalam film, di mana waktu geometris dan betulan mengembang dengan kedalaman mimpi itu. Kita dapat melakukan jauh lebih banyak lagi. Dalam alam mimpi waktu yang tak terbatas mungkin dapat terjadi hanya dalam hitungan detik waktu yang di “luar”.

  1. Apa jenis dari mimpi yang terjadi di Inception?

Tidak banyak dari Anda atau saya yang mungkin mengenali. Dalam Inception, orang-orang segera dibius ke desainer mimpi yang tampak tidur REM. Akan tetapi, pada hakekatnya sekarang ini obat penenang menahan REM, sementara obat desainer di Inception juga meniadakan efek nyata dari REM.

*REM = Rapid Eye Movement

  1. Apakah membangun mimpi dari memori seseorang berbahaya?

Tidak, hanya diperlukan. Tidur REM adalah pengendali kritis perkembangan otak, dan benar-benar membangun kembali otak. Sebagai film garapan dibangun dari film-film lama, begitu juga REM dan tahap lain dari tidur remix informasi baru dengan kenangan lama, membentuk bagian besar dari identitas kita. Sama seperti di film-film fiksi ilmiah, kita bangun setiap pagi dengan kenangan yang berbeda daripada orang yang pergi tidur.

  1. Apakah lapisan setelah lapisan mimpi yang ada dalam Inception terjadi pada orang normal?

Ya. Hal ini luar biasa untuk orang memimpikan dirinya di dalam mimpi yang lain. Kenyataannya, pelapisan mimpi seperti itu mungkin menjadi serumit memahami alur cerita Inception. Mimpi di dalam mimpi di dalam mimpi.

  1. Bisakah seseorang masuk ke dalam mimpi orang lain dan mengubahnya?

Secara ilmiah, tidak. Kecuali Anda seorang yogi mimpi asal Tibet atau dukun setempat.

  1. Apakah mustahil untuk menempatkan muatan ke mimpi orang lain?

Tidak. Hal ini terjadi sepanjang waktu – sadar.

  1. Bisakah orang menjadi kecanduan pada mimpi mereka?

Dapatkah orang menjadi kecanduan mimpi mereka? Jawabannya adalah tidak, walaupun beberapa pengidap gangguan jiwa tidak bisa membedakan antara mimpi dan kenyataan.

  1. Apakah adegan ‘The Matrix-esque’ meniadakan gravitasi itu realistis?

Ya. Di REM mimpi, akal pikiran akan dimatikan, dan kita bisa melakukan dan pergi ke mana pun dalam ruang dan waktu – salah satu alasan 99 persen orang terbang dalam mimpi mereka.

  1. Bisakah ‘The Lucid Dreaming’ seperti di “Inception” mengambil alih mimpi orang lain?

Tidak. Namun, mereka dapat mengambil alih dan mengendalikan mereka sendiri. Bahkan, sutradara-penulis Nolan telah mengalami lucid dreaming sejak ia berusia 16.

*Lucid Dream

Apa yang dapat Anda lakukan dengan mimpi Anda?

Banyak – Anda bisa pre-mimpi terlebih dahulu. Coba lakukan ini:

  1. Tuliskan, mimpi favorit atau pengalaman dalam tiga sampai empat kalimat.
  2. Tambahkan dua kalimat yang membuat ulang mimpi itu menjadi seperti yang Anda inginkan.
  3. Visualisasikan mimpi baru tiga sampai empat kali sehari semenit setiap waktu.
Advertisements

One thought on “Fakta Tentang Mimpi Dalam Film Inception

  1. Aku baru sempat nonton film ini kemarin malam. Sejak awal rilis trailer emang udah penasaran, cuma ditunda lagi, ditunda lagi karena daftar watch list.masih banyak. And true, nonton film ini bener-bener butuh konsentrasi tinggi. Beberapa dialog, adegan dan kilasan masa lalu mesti bener-bener dicermati. Yang aku gak nyangka ya, ternyata Cobb pernah melakukan insepsi terhadap….
    Huh. Gak salah kalo film ini pernah masuk jajaran film terbaik sepanjang masa. Dan aku setuju, bahwa cast untuk film ini memang pas dan cocok. Apalagi Arthur. Hihi.

    Sayang ya, endingnya bikin kita agak ngernyit.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s